Jumat, 10 September 2010

cara membuat koment via facebook di blog (kaya blog ini)

ni caranya:

1. buka halaman "Facebook Develovers" alias http://developers.facebook.com/plugins?footer=1
2. pas muncul berbagai pilihan plugin yang bisa kita gunakan, kali ini dikhususkan
pada Comment, jadi klik Comment di sebelah kiri bawah.


3. Selanjutnya kamu dihadapkan dengan sederetan komentar dari orang2 diseluruh dunia yang terlebih dahulu datang "kesana" dan kamu g' perlu pusing mengartikan apa komen2 mereka itu, fokus...fokus...fokus...!! Hhmm,terdapat Unique ID (?),Number of Comments (?) dan Width (?). Apa fungsinya ??? sebenarnya sich, saya juga bingung untuk apa tuw Unique ID, tapi untuk lebih jelas, tinggal arahkan kursor kamu ke tanda tanya itu. Kalau Number of Comments dan Widht yaaa jelas buat banyaknya komentar yang akan ditampilkan nanti, serta lebar (range) yang akan digunakan di blog kita dalam satuan pixel.

4 . Klik aja "Get Code" untuk menampilkan code yang akan digunakan nanti.

5. Jreng...jreng... muncul kodenya ! eits,, pendek banget yaaa....???!! ya,, hanya itu kodenya. Tapi tunggu dulu, itu dibawah kotak yang muncul terdapat kalimat "XFBML mengharuskan Anda menggunakan JavaScript SDK." Yaaa, kita ikut aja aturan mainnya...

6. Klik kanan pada tulisan biru "JavaScript SDK itu, pilih open with new tab. (Supaya tidak mengganggu), oh iya kode tadi dicopy dulu ya, simpan di notepad aja.

7. Nah, muncul halaman baru yang menampilkan sekumpulan Script yang harus kamu copy untuk ditambahkan di blog kamu sebagai syarat untuk menampilkan berbagai plugin dari Facebook. Copy, Simpan di Notepad.

8. Selanjutnya kembali ke blog kamu, terus pilih tab "Rancangan", "Tambahkan Gadget", pilih "HTML / JavaSript". Then, kamu pastekan JavaScript SDK yang telah kamu copy sebelumnya disitu. Ga perlu bikin namanya... biarkan kosong, jadi g' dibaca oleh pengunjung nantinya. (inilah cara mudahnya, kamu g' perlu repot2 membedah susunan HTML di blog kamu, hanya tinggal menambahkan gadget yang disediakan)

9. Save yang tadi, terus kamu pilih lagi gadget, tambahkan HTML/JavaSript, pastekan kode awal yang kamu copy tadi. Terus simpan, dan tata letaknya kamu tentukan sendiri, Exosteria sendiri meletakkannya di bawah postingan. Selanjutnya simpan perubahan letak.

10. Dan akhirnyaaa..... jreng...jreng....... tampil...... Memang sich loadingnya agak lama. Tapi,, wuiisss... Blog kamu langsung bisa di "Like", ada foto yang nge-like, terus bisa dikomen lewat facebook... Jadi orang2 yang biasanya lagi onlen Pesbuk sambil browsing bisa langsung komen tanpa harus susah2 pakai open id atau masuk ke Gmail dulu kalau mau komen...

catatan:
jika ingin comment ini dihubungkan dengan sebuah group atau halaman di Facebook, notification-nya bisa muncul di Group atau halaman tersebut. Tapi jika kamu mengambil kode comment box nya hanya menggunakan kode pendek seperti gambar nomor 4 diatas, maka notificationnya tidak akan muncul seperti yang saya alami...
Sebaiknya saya menyarankan agar kamu memasukkan URL-nya saat memasukkan kode di halaman Developer Facebook...

HHmmm,, Sekian dulu ya...... Selamat mencoba, Semoga bermanfaat (n_n)

Created by :r5 @ PicQbLog (cantumkan ini saat mencopy tulisan ini)

KOMENT YA